Antara Akhir dan Awal


Selamat jalan mbah putri……,
Sebuah perjalanan panjang telah engkau lalui dengan tegar….Alloh dzat yang maha Agung telah memanggilmu untuk kembali ke sisiNya…

Seorang nenek yang sudah ku anggap sebagai simbokku sendiri dikarenakan sebuah situasi kondisi pada masa kecil adalah seorang perempuan hebat,bukan karena apa-apa tetapi karena sebuah semangat perjuangan dalam hidupnya.

Bagiku beliau adalah seorang guru yang mendidik bukan dengan ilmu sekolahan,tetapi dengan tindak tanduk dan kejuwehan dalam memberi nasehat.

Saat ini beliau telah terbaring tenang di sisi Alloh SWT,hanya tinggal doa kami yang akan selalu menemai langkah beliau selanjutnya. Dalam usia 85 tahun beliau meninggal,sebuah usia yang bisa di bilang sangat tua untuk ukuran saat ini,dalam usia itupun beliau tidak memiliki riwayat sakit yang berlebihan,sakit sepantasnya seorang yabg sudah sepuh,tetapi dalam kesehariannya beliau tetap melakukan apapun yang bisa dikakukan….itulah semangat hidup yang beliau pegang sampai akhir hayat.

Selamat jalan mbah….,selamat memasuki fase berikutnya sebagai hamba Alloh,semua ibadahmu pasti akan menemanimu mengarungi alam baru, Kami anak cucu dan buyut insyaalloh pasti mendoakan dari sini…..

Sebuah akhir hidup didunia yang menjadi awal kehidupan di alam barzah….sebuah peringatan bagi kita yang masih sehat,untuk terus busa memperbaiki diri sebelum pintu taubat itu tertutup.

Leave a Reply